fbpx

Semua orang pernah bermasalah dengan jerawat apalagi dengan orang Indonesia seperti kita yang hidup di iklim tropis, dimana masalah jerawat adalah masalah yang sangat umum dialami. Tapi apakah kamu tau jerawat itu ada jenis-jenis nya loh !!! baca terus artikel ini ya kalo kamu mau tau.

Pengertian Jerawat

Apa sih jerawat itu ? jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika tempat tumbuhnya rambut atau folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Biasanya hal ini di tandai dengan bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh umumnya di wajah, punggung, dada dan leher.

Jerawat bisa terjadi pada siapa saja khususnya untuk mereka yang berada di masa puber, pada remaja usia 10 sampai dengan 15 tahun terutama mereka yang mempunyai kulit berminyak. Jerawat biasanya akan hilang dengan sendirinya pada umur 20 tahun tapi untuk beberapa kasus masih ada lon yang mengalami jerawatan di usia sampai 30 tahun.

Jenis – jenis Jerawat

Ada setidaknya 5 jenis jerawat yang umum yang kita ketahui dan umum terjadi di sekitar kita. Apa sajakah itu ?

  1. Komedo ( Black/white head )

Komedo adalah benjolan yang sangat kecil yang muncul di pori-pori kulit. Komedo ini terbentuk karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati dan minyak atau kita sebut sebum. Komedo terbagi dua ada komedo hitan dan ada komedo putih yang membedakan nya yaitu klau komedo hitam adalah komedo yang permukaan nya terbuka dan terpapar oleh udara sehingga warna nya berubah menjadi coklat atau kehitaman.

  1. Papula

Jerawat papula adalah komedo yang meradang, bentuknya menojol, tampak kemerahan, padat, kemerahan, nyeri dan tanpa ada titik nanah pada puncaknya. Sama seperti jerawat pada umumnya jerawat papula dapat timbul di berbagai area kulit seperti di muka dada, punggung dan area lain nya.

Munculnya jerawat papula ini biasanya di sebabkan karena berbagai factor Antara lain hormonal seperti pubertas atau menstruasi, adanya bakteri di permukaan kulit, sumbatan folikel rambut dan kelenjar minyak, atau pun factor keturunan.

  1. Pustula

Jerawat pustula pada dasarnya sama seperti jerawat papula yaitu komedo yang meradang. Perbedaan nya jerawat pustula muncul kemerahan dengan kepala bernanah atau ada titik putih di atas nya dan dapat menyebabkan luka parut yang sangat dalam.

Munculnya jerawat pustula sama seperti yang terjadi dengan jerawat papula yaitu bisa karena factor hormonal, bakteri, sumbatan di pori-pori atau pun factor keturunan.

  1. Nodul

Nodul adalah jenis jerawat yang lebih serius, tidak seperti jerawat biasa jerawat nodul cenderung tidak membentuk kepala. Bila ditekan jerawat ini tidak akan mengeluarkan nanah dan dapat menyebabkan peradangan yang lebih parah. Bentuknya dapat merah dan meradang.

Jerawat nodul akan berlangsung selama dua minggu ataupun lebih tanpa perawatan jerawat ini akan menyebabkan jaringan parut.

  1. Jerawat batu atau jerawat kistik

Jerawat kistik sama seperti jerawat nodul akan tetapi berukuran lebih besar, terbentuk jauh di dalam kulit dan penuh dengan nanah. Jerawat batu cenderung lebih besar dan mencolok, lunak, merah meradang dan menyeabkan luka parut yang sangat dalam.

Bagi wanita jerawat kistik ini lebih dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormone, maka jerawat kistik biasa di alami saat siklus haid, dan biasa muncul di dagu, bagian bawah wajah dan rahang.

Setelah mengetahui berbagai jenis jerawat yang sangat umum kita jadi tau kan jerawat yang kita derita termasuk kedalam jenis jerawat apa. Dengan mengetahui Janis nya kita akan bisa juga mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya bukan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kalian yang masih bermasalah dengan jerawat.

Consultation & Order (08.00 - 17.00)
Whatsapp Order
Whatsapp Consultation
EnglishIndonesian
Hodilay gifts for everyone. Enjoy 70% off for all products only today.View details
X